Wednesday, July 10, 2019

Guide Tour of Skripsweet

at Wednesday, July 10, 2019
Assalamua'laikum

Biasanya semakin mendekati semester tua makin banyak pikiran, salah satunya adalah skripsi. Setiap orang punya jalan ceritanya masih-masing buat dapat judul skripsi, menentukan dosen pembimbing, dll. So, disini aku bakal share perjalanan skripsiku secara singkat padat, dan semoga jelas. Hehehe

Perjalanan awal yang bakal menguras perasaan dan pikiran. Pertama tentuin kalian merasa mampu di bidang apa. Disini harus perbanyak baca skripsi kakak tingkat disini, jurnal, ngobrol sama dosen, dll. Mungkin saja bisa jadi sumber ide topik penelitian kalian. Kemudian, metode penelitian, ini perlu dikaji berulang kali untuk dilihat keselarasan metode dengan topik kalian. Jangan lupa pertimbangkan juga, apakah pengambilan data penelitiannya bisa menyulitkan kalian atau tidak. Silahkan baca ini untuk menambah wawasan tentang judul skripsi.

Setelah dapat gambaran topik penelitian skripsi, kalian bisa mulai diskusi sama dosen yang menurut kalian cocok dengan topik tersebut. Misal, tentang game, kalian bisa ke Pak Fresy, Pak Faisal, Pak Yun, Bu Hani, Pak Fachrul. Coba diskusi, nanti bakal dapat saran-saran yang bermanfaat.
Biasanya banyak muncul pertanyaan seperti ini:
Q : "Dosen yang cocok sama topikku tentang AI siapa ya?"
A : "Bisa cek di struktur organisasi jurusan, depan ruang dosen. Di situ tiap dosen sudah ada pengelompokkan bidangnya. Tapi rata-rata dosen multitalent sih, jadi diskusi aja dulu sama dosen yang kalian pengen, bisa jadi beliau mampu membimbing."

Q : "Pak X, katanya gak bisa jadi dosen pembimbing 1 ya? Bener ta?"
A : "Belum tentu. Misal nih, dulu di jamanku, beliau masih belum bisa jadi dosen pembimbing 1, tapi bisa jadi sekarang sudah bisa. Lebih akurat kalau tanya admin."

Q : "Dosen X dan Dosen Y lebih enak yang mana yaa kalau jadi pembimbing?"
A : "Ini jawaban bakal subyektif, di aku beliau enakan, belum tentu menurut orang lain sama. Tapi bisa tanya lebih lanjut secara PM kalau pengen tau dari sudut pandangku."

Kalau sudah klik sama dosen tertentu. Langsung aja bilang ke dosen tersebut kalau ingin jadi anak bimbingannya beliau. Nanti akan diarahkan untuk buat praproposal. Setiap dosen, hanya punya kuota maksimal 7 mahasiswa per semester untuk didaftarkan jadi anak bimbingan skripsi atas nama dosen tersebut. Jadi praproposal itu seperti bukti kalau kalian merupakan bimbingannya dosen tersebut. Tanpa praproposal, kalian masih belum masuk hitungan kuota itu. Nanti praproposal bakal dikumpulin ke admin. 

Nah, di bawah ini berkas-berkas yang bakal dibutuhin dari tahap praproposal sampai daftar Wis-Udah. Jadi langsung download atau move to Gdrive kalian yaa.

  • Download SEMPRO 
  • Ujian kompre ada kompre agama dan wawasan IT. 
    Untuk kompre agama yang diujikan seperti:
    1) Menjelaskan integrasi Islam dalam penelitian. Jangan lupa baca ayat dan artinya yaa.
    2) Hafalan surat-surat di juz 30. Pak Imam akan menyebutkan salah satu surat. Seingatku, aku dulu dapat surat al-Ghasiyah dan al-Balad. Jumlah surat yang disebutkan beliau kondisional, kadang 2-3 surat. Ada juga kakak tingkat yang request baca an-Naba saja 
    3) Membaca ayat al-Quran yang ditunjuk beliau. Kemudian bedah tajwidnya
    4) Pertanyaan berdasarkan studi kasus (kondisional, periodeku dulu dapat pertanyaan ini tapi periodenya temenku enggak) 

    Untuk kompre wawasan IT akan ada 20 soal yang dikerjakan secara online selama 30 menit. Hasilnya akan langsung keluar, jadi ngerti apakah kita remidi atau tidak. Untuk hari remidinya, tergantung jadwal yang diberikan pengawas. Beberapa contoh latihan soal ada di link atas yaa.
  • Kalian bisa daftar semhas dan kompre secara bersamaan, karena syarat mendaftar kedua ini adalah nilai sempro. Tidak harus daftar+ujian kompre dulu baru daftar semhas.
  • Download SIDANG 
Sewaktu-waktu syarat atau formatnya bisa berubah sesuai dengan perubahan kebijakan jurusan.


Feel free for ask by comments or DM, Semoga dilancarkan dan dimudahkan setiap urusan kita, Aamiin. Tetap semangat!! 😊

Terimakasih buat tim behind the scene yang udah bantu meringkas dan semoga bermanfaat buat semuanya 😊

10 comments:

 

Woman In Tech Template by Ipietoon Blogger Template